Selamat datang di official website TK 17 Teladan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)

 tk17teladan.sch.id - Pendidikan merupakan salah satu yang mempengaruhi kualitas suatu bangsa. Peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana merupakan hal yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan. Karena dengan adanya sumber daya yang berkualitas tentunya akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas juga. Di Indonesia sendiri dalam menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas, salah satu upaya pemerintah adalah dengan adanya program Kelompok Kerja Guru (KKG).

Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)

Kelompok Kerja Guru (KKG)

Kelompok Kerja Guru merupakan suatu program yang dilaksanakan guru-guru Sekolah yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok tertentu. Kelompok Kerja Guru ini dilaksanakan guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dimana Sekolah merupakan tingkat pendidikan yang akan menjadi dasar pengetahuan untuk generasi-generasi yang akan melanjutkan kemajuan Negara ini. Sehingga pendidkan di Sekolah membutuhkan kualitas yang baik. Selain itu pengetahuan di Sekolah ini akan mempengaruhi kelanjutan pendidikan ke tingkat pendidikan berikutnya dan akan menentukan mampu atau tidaknya murid tersebut melanjutkan pendidikannya.

Tujuan Dari Kelompok Kerja Guru (KKG)

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
  2. Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi peserta kelompok kerja atau musyawarah kerja.
  4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat KKG/MGMP.
  6. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  7. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG/MGMP.

Kelompok Kerja Guru juga sangat mempengaruhi nilai yang di peroleh siswa, karena di dalam pelaksanaan Kelompok Kerja Guru tersebut terdapat program-program apa saja yang akan dilaksanakan di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Kelompok Kerja Guru juga memberikan acuan terhadap guru-guru apa saja pokok bahasan yang akan di berikan kepada murid disetiap pertemuannya. Sehingga guru berkewajiban melaksanakan apa saja yang sudah di buat di dalam Kelompok Kerja Guru tersebut. Dengan kenyataan seperti ini akan mempengaruhi nilai siswa, jika nilai siswa setiap tahunnya meningkat maka kualitas pendidikan juga meningkat. Jika di dalam kenyataannya seperti itu berarti KKG tersebut berhasil dilaksanakan, begitupun sebaliknya.

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :

0 Komentar