tk17teladan.sch.id - Upacara Bendera merupakan sebutan untuk upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan di Indonesia. Selain prosesi pengibaran, Upacara Bendera meliputi rangkaian prosesi lain seperti mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, dan Pembukaan UUD 1945, serta amanat dari Pembina upacara.Upacara bendera sebagai usaha sadar bagi penerus bangsa dan terwujudnya rasa persatuan bagi anak penerus Bangsa.
Upacara Bendera TK 17 Teladan |
Apa Itu Nasionalisme?
Nasionalisme adalah berpendapat dan menyampaikan paham bahwa kesetiaaan individu kepada Negara kebangsaan serta perasaan mendalam akan tanah air, tradisi, daerah, dan sejarah bangsa. Nasionalisme terus merupakan kekuatan pendorong karena perbedaan berdasarkan asal usul daerah, suku, pendidikan, dll. Tidak memisahkan oleh satu dengan yang lain dalam mengisi, dalam menyelenggarakan pembangunan. Pada akhirnya kita harus kembali kepada Pancasila. Satu-satunya asas dan ajaran ke Negaraan yang boleh dianut dan boleh dipraktekan di Indonesia.
Upacara Bendera Pada Anak Usia Dini
Upacara bendera secara umum biasanya hanya dilaksanakan oleh para siswa dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas. Tetapi Upacara Bendera dijenjang Taman Kanak-Kanak (TK) juga diperlukan, walaupun mereka belum dapat melaksanakan dengan sempurna. Tujuan dari upacara bendera adalah menanamkan semangat cinta Tanah Air Indonesia serta untuk memupuk semangat kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia, walaupun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan dunia Taman Kanak-Kanak sehingga khikmat dalam mengikuti ucapara hingga tidak kalah dengan siswa sekolah dasar.
Upacara TK sebenarnya juga bagian dari interaksi edukatif dan instrument/alat yang cukup efektif untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai tertentu, serta upaya mengaktualkan potensi-potensi anak PAUD. Nilai-nilai tersebut diantaranya menggali potensi kepemimpinan setiap anak PAUD secara bergilir diberi kesempatan untuk tampil memimpin upacara. Manfaat dari upacara bendera yaitu profesi seorang pemimpin, melatih tertib seorang peserta didik, melatih pasa percaya diri agar tidak memiliki rasa takut jika nanti masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu sangat banyak nilai positif mulai dari rasa persatuan cinta dengan Negara Indonesia, melatih kesiplinan, sehingga peserta didik tidak takut apabila untuk menjadi petugas mereka akan selalu memiliki rasa percaya diri. Dengan belajar melaksanakan upacara bendera anak sedikit demi sedikit mengenal dan memahami karakter nasionalisme.
Manfaat Upacara Bendera Bagi Anak-anak
Beberapa anak di zaman sekarang merasa bahwa upacara bendera adalah kegiatan yang kurang menyenangkan. Bukan saja karena temponya yang lama, namun karena terik matahari yang menyengat bisa membuat anak-anak tidak suka mengikuti upacara bendera. Sebagai pendidik, kita perlu mempromosikan aktivitas ini sebagai aktivitas yang bermanfaat. Dengan menjelaskan manfaat-manfaatnya, diharapkan anak-anak akan semakin mencintai aktivitas ini. Menurut kak Zepe, (2016) manfaat upacara bendera bagi anak-anak sebagai berikut:
1. Melatih ketahanan mental dan fisik
Para petugas upacara wajib terlihat tegas dan menunjukkan posisi tegap. Mau tidak mau, anak-anak yang terbiasa bermanja-manja akan berlatih untuk membuat posisi dan sikap yang tegas dan tegak. Semua peserta pun harus bisa berdiri dengan baik. Mereka harus bisa bersabar untuk bisa melakukan aktivitas yang lain, misalnya ngobrol, berlari atau pun bermain. Anak-anak pun akan menjadi lebih kuat berdiri dalam jangka waktu yang relatif agak lama, tanpa diperbolehkan mengeluh “capek”.
2. Melatih ketertiban dan kedisiplinan
Anak-anak yang terlambat hadir di aktivitas ini biasanya akan merasa malu. Karena ia akan menjadi pusat perhatian teman-teman lainnya. Mau tidak mau, anak akan terpacu untuk bisa datang tepat waktu. Selain itu, kegiatan ini tidak bisa diikuti dengan seenaknya. Semua siswa harus mengikutinya dengan khidmat. Bila ada yang bercanda atau berbicara sedikit saja, akan terdengar oleh siswa lainnya. Anak-anak juga dituntut untuk bisa berdiri tegak hingga upacara usai.
3. Melatih pentingnya kebersamaan dan sosialisasi
Upacara bendera selalu diikuti oleh siswa dan semua anggota sekolah, termasuk guru, karyawan, kepala sekolah, dan ketua yayasan. Hal ini akan memupuk kekompakan dan kebersamaan. Semua peserta upacara, tidak peduli apa pun posisi mereka, wajib mengikuti aturan yang sama, yaitu mengikuti upacara dengan khidmat. Selain itu, kerja sama antar petugas serta kerja sama antara petugas dan peserta upacara juga perlu dijaga supaya upacara bisa berjalan dengan baik dan lancar.
4. Meningkatkan semangat cinta tanah air
Upacara bendera sering dirayakan di hari-hari besar nasional. Maksud dari pemerintah mencanangkan program ini adalah agar semua warga Indonesia tetap menjaga semangat cinta tanah air dan bangsa. Sehingga di masa depan nanti, para generasi muda semakin mencintai tanah airnya, dan bersemangat meraih prestasi demi kemajuan bangsa. Selain itu, aktivitas ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.
5. Menanamkan jiwa kepemimpinan
Semua siswa biasanya akan mendapatkan kesempatan bertugas di sebuah upacara bendera. Mereka akan berlatih memimpin teman-teman mereka, baik sebagai pemimpin upacara, pemimpin barisan, pemimpin pasukan pengibar bendera, dan petugas lainnya. Dengan tampil di depan umum, mereka telah berlatih menjadi seorang peimpin yang baik dan bertanggungjawab agar aktivitas bisa berjalan dengan baik dan lancar.
6. Memupuk nilai kesopanan
Siswa-siswi peserta upacara diwajibkan berpakaian rapi, bertopi, berkaus kaki hitam atau putih (tidak warna-warni), serta memakai dasi saat mengikuti upacara bendera. Mereka juga dituntut untuk bisa menjaga sikap, terutama tidak banyak bicara dan bergerak. Hal ini akan memupuk nilai-nilai kesopanan di hati peserta upacara.
Bagaimana pun kegiatan upacara bendera sangat penting untuk dilaksanakan. Karena anak-anak akan diajak untuk mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan yang gugur membela bangsa, apa yang harus dilakukan oleh generasi muda untuk membalas jasa pahlawan, dan banyak pesan-pesan moral yang bisa kita berikan kepada para siswa, Inilah tugas guru dan orang tua dalam menyampaikannya kepada anak-anak, sehingga sedini mungkin mereka diajak untuk mencintai aktivitas ini.
Sumber Literasi : Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa, Intik Salminati : 2017 dan Upaya Peningkatan Karakter Nasionalisme Anak Keluarga Petani Melalui Kegiatan Upacara Bendera Di Paud Tarbiyatusshibyan Igirklanceng Kabupaten Brebes, Samyati : 2020
Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :
0 Komentar